Kamis, 10 Oktober 2013

PROPOSAL PERENCANAAN USAHA / BISNIS


                                                                        BANAPE



DAFTAR ISI
RINGKASAN EKSEKUTIF.......................................................................3
BAB l  PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang perusahaan ……………………………………………..4
1.2  Visi & Misi..........................................................................................4
1.3  Motto perusahaan................................................................................5
1.4  Data perusahaan..................................................................................5
BAB ll ANALISIS PASAR & PEMASARAN
2.1  Produk jasa yang dihasilkan …………………………………………...7
2.2  Bauran pemasaran/analisa P4 ………………………………………….7
2.3  Target dan segmentasi pasar...................................................................8
2.4  Strategi pemasaran..................................................................................8
2.5  SWOT.....................................................................................................9
26   TOWS...................................................................................................10
BAB lll  ANALISIS PRODUKSI
3.1  Bahan baku dan penggunaanya ……………………...........................11
3.2  Proses produksi……………………………………………….............12
3.3  Kapasitas produksi…………………………………………………....12
BAB lV  ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
4.1  Analisis kompetensi SDM……………………………………............13
4.2  Keunggulan dan kopetesi SDM...........................................................14
BAB V ANALISIS KEUANGAN
 5.1   Analisis keuangan……………………………………………….......15
 BAB  Vl KESIMPULAN...........................................................................16

                            RINGKASAN EKSEKUTIF

Perusahaan bernama BANAPE FOOD, merupakan produk yang  saya miliki. BANAPE FOOD adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang kuliner atau makanan ringan dan produk saya adalah makanan yang istimewa,inofatif dan tentunya lezat. Bahan utama yang saya gunakan adalah pisang kepok dan saya menciptakan inovasi baru yaitu dengan berbagai macam rasa. Rasa keju,durian,susu,coklat dan lain sebagainya.

Awalnya perusahaan ini dibentuk karena adanya peluang. Yaitu jarang sekali didaerah bekasi dengan jenis makanan yang berasal dari daerah makassar ini.dan lagi karena keluarga saya ada yang berasal dari kota makassar maka dari itu saya mempunyai rasa percaya diri untuk membentuk perusahaan ini.

Saya memiliki rasa optimis yang tinggi atas produk yang saya buat akan menghasilkan omset yang cukup tinggi dari hasil penjualan saya, karena saya yakin produk saya ini memiliki dan keunggulan dan kelezatan. Keunggulan dari produk saya adalah :

·         Hidangan cepat saji yang lezat dan bergizi
·         Harga relatif terjangkau oleh semua kalangan
·         Memiliki variasi rasa
·         Dapat diterim oleh semua kalangan.


                            

BAB  I
                         PENDAHULUAN

1.      Latar belakang perusahaan
Saya dari perusahaan makanan BANAPE (BANANA EPE) yang bergerak dibidang kuliner yang menyajikan makanan dengan rasa yang beraneka yaitu (keju,durian,susu dan cokelat)
Saya memilih makanan ini karena buah pisang sangatlah mudah ditemukan. Dan masyarakat  indonesia yang  relatif menyukai makanan ringan, saya juga ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan kompetiter lainnya dengan variasi makanan yang berbeda.
Saya berusaha menyajikan makanan ringan yang sehat pastinya serta layak dan halal di konsumsi. Saya mengharapkan masyarakat merasakan manfaat dari menkonsumsi makanan BANAPE saya.

2.      Visi & Misi

Visi
                  Menjadikan makanan pisang menjadi lebih dikenal,digemari dan mejadi pilihan                    
                  Utama sebagai makanan ringan bagi masyarakat indonesia.
             Misi
Ø  Berorientasi kepada kepuasan konsumen / pelanggan.
Ø  Membuat aneka makanan pisang dengan rasa yang bervariasi.
Ø  Memperkenalkan kepada masyarakat bahwa buah pisang juga dapat dijadikan makanan ringan.

3.      Motto perusahaan

                 KUALITAS EROPA HARGA MERAKYAT

4.      Data perusahaan
1
Nama perusahaan
Banape Food
2
Bidang Usaha
Kuliner (Makanan Ringan)
3
Jenis Produk/Jasa
Banape
4
Alamat Perusahaan
Jalan KH.Noer Ali
5
Nomer telepon
089696868001
6
Alamat Email
Alamat Twitter
Alamat Facebook
Alamat Blog
@Banapesadap
Banapesadap
Banape.blogspot.com
7
Bank Perusahaan
-
8
Bentuk Badan Hukum
-
9
Nomor Akte Pendirian
-
10
NPWP
-
11
Mulai Berdiri
09 Oktober 2013


1
Nama
Nining
2
Jabatan
CEO
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi,27 maret 1994
4
Alamat Rumah
Jln. Galaxi masnaga perambanan
5
Nomor Telepon
089696868001
6
Alamat Email
Nining200@ymail.com
7
Pendidikan Terakhir
SMA
8
Pengalaman Kerja
Wirausaha












            



BAB  ll
      ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

2.1 Produk / Jasa yang dihasilkan
        Keistimewaan Banape ini diantaranya :
§  Hidangan cepat saji, lezat dan bergizi
§  Harga relative terjangkau oleh semua kalangan
§  Memiliki variasi rasa (keju,durian,susu,cokelat)
§  Dapat diterima oleh semua kalangan
2.2 Bauran Pemasaran/Analisa 4P
      1.   Product
§  Type                      :   Banana                                                                    
§  Brand                    :   BANAPE
§  Quality                  :   Tanpa Bahan Pengawet
§  Packing                 :    Menggunakan mika sebagai pengemas / sesuai request konsumen
      2.   Price
§  Price list                :   Rp.6000 - Rp.10000 (sesuai rasa)
      3.    Promotion
§  Advertising           :   menggunkan media jejaring sosial
§  Sales promtion      :   mempromosikan penjual kepada pelanggan
§  Personal selling    :   berjualan secara berkeliling langsung
      4.     Place                                                                                                                                                         
§  Berlokasi diwilayah ramai (kampus,pinggir jalan, dan sebagainya)

 2.3  Target Dan Segmentasi Pasar
§  Geografi
1.      Wilayah yang kita  jadikan target yaitu wilayah kalimalanga dan sekitarnya, alasan saya memilih kalimalang karena bahan-bahan membuat produk  ini sangat mudah ditemukan dikota ini.
2.      Saya melihat bahwa banyaknya peluang bisnis pada makanan siap saji, sehingga itu memicu saya dan saya memanfaatkan peluang ini.

§  Demografi
             Berdasarkan demografi,secara pasar kami tertuju pada kalangan masyarakat
              Lingkungan sekitar  masyarakat kalimalang.     
2.4      Strategi Pemasaran

Ø  Perkenalan Bisnis
                  Produk  yang saya tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat,bergizi,                        
                  Dan harga yang terjangkau. Produk ini bernama “BANAPE” yaitu pisang
                  Pilihan yang sehat untuk dikonsumsi. Banape ini memunyai variasi rasa
                  Keju,durian,susu,cokelat)
Ø  Membangun jaringan usaha yang dapat mendukung bisnis
Memilih produk banape ini yang berbahan baku seperti pisang, gula merah, durian,  keju, susu, strawberry, cokelat. Oleh karena itu saya berniat bekerja sama
Dengan perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk saya demi meningkatkan produk saya.
Ø  Menyiapkan inovasi desain yang ditawarkan
Produk saya kali ini yang pertama, banape (banana epe) dengan lapisan rasa yang telah disediakan dan kedepannya saya ingin berinovasi untuk membuat banana epe dengan inovasi terbaru dan unik tentunya.
Ø  Meninggkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang saya buat.
Ø  Menyediakan pemasaran
Saya akan memasarkan poduk ini melalui jejaring sosial.

2.5      SWOT
A.    STRENGTH (KEKUATAN)
·         Bahan bakunya mudah ditemukan
·         Memiliki rasa yang tersendiri lain dari yang lain
·         Harga terjangkau
B.     WEAKNESSES (KELEMAHAN)
·         Tidak tahan lama
·         Minimnya modal usaha
C.    OPPORTUNITIES (PELUANG)
·         Minat makanan ringan tinggi
·         Makanan ringan yang kaya akan vitamin

D.    THREATS (ANCAMAN)
·         Banyak makanan ringan dengan variasi lain
·         Ada jenis makanan yang berbahan pokok sama
·         Harga produk competitor bersaing
·         Selera konsumen variatif

2.6      TOWS
                   
A.    SO
·         Memperbanyak tingkat produksi
·         Memproduksi banape dengan rasa baru
·         Tetap menjaga kualitas rasa produk
B.     WO
·         Memproduksi banape dalam skala sedang apabila ada pemesan saya akan menambahkan jumlah produksi
C.    ST
·         Memahami selera konsumen yang variatif
·         Memperkuat citra rasa produk
·         Menambah variasi baru produk
D.    WT
·         Packing yang lebih menarik
·         Manambah modal usaha
·         Mencari investor untuk bergabung





                                


BAB lll
                    ANALISIS PRODUKSI
3.1  Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat banape:
·         Pisang
·         Gula merah
·         Durian
·         Keju
·         Strawberry
·         Susu
·         Cokelat
Alat untuk membuat :
·         Pisau
·         Perangkat pemanggang
·         Penyimpanan makanan

Cara pembuatan :
1.      Potong pisang, bakar pisang dibara api
2.      Rebus air gula merah dan daun pandan
3.      Tambahkan garam dan sagu, masak hingga kental
4.      Lalu lumuri rasa-rasa yang diinginkan



3.2   Proses produksi

                                                                                                                                                    
   3.3   kapasitas produksi
1. kapasitas produksi rata-rata perbulan
500/semua varian/bulan
2. target kapasitas produksi perbulan
500/semua varian/bulan

                                                                                                                                                   






                           BAB  lV                
   ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA  

4.1              Analisa Kompetensi SDM
Tingkat pendidikan
JUMLAH
SD

SMP

SMA/SMK

D3/SARJANA
        6

Bagian/Departemen
Jumlah
Manajemen
2
Produksi
2
Pemasaran
1
Keuangan
1




Keunggulan dan kopetensi SDM
·         Ceo (Direktur utama)
Mengontrol,memonitori semuakegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
·         General manager
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
·         Finansial manager
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan.
·         Production manager
Bertanggung  jawab terhadap produksi dan menginovasi yang akan diperjual belikan.
·         Marketing manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.

4.2              Rencana kebutuhan pengembangan SDM
Dengan jumlah pegawai atau karyawan saya rasa sudah cukup, tapi apabila produksi saya meningkat, saya akan menambahkan jumlah SDM.





                              BAB V
               ANALISIS KEUANGAN

5.1   Modal usaha
Dengan menanamkan modal usaha sebesar Rp 600.000,-
5.2  Penentuan harga jual
Dengan harga jual sebesar Rp 6.000 – Rp 10.000,-




                      





                            BAB  Vl
                       KESIMPULAN
 
6.1  Kesimpulan
Demikian proposal dari saya yang berisi tentang rencana pendirian usaha kecil-kecilan usaha ini sangat mudah dijalankan dan hasilnya sangat menjanjikan sekali,namun keberhasilan suatu usaha sangat bergantung dengan pengusahanya kejujuran dan kedisiplinan adalah kunci keberhasilan.
Semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi pembaca proposal ini, saya mengharapkan kritik dan saran dari semuanya agar usaha saya berjalan dengan lancar.
Apabila ada kesalahan dalam penulisan kata-kata mohon dimaklumi. Kesempurnaan hanya milik tuhan yang maha esa.
Terimakasih.