Minggu, 03 November 2013

Proposal Perencanaan Usaha

                         BANAPE
             Manisnya-Pisang-Epe-Khas-Anging-Mammiri.jpeg

Nama           : Nining

Kelas            : 2DF02

Npm              : 55212344


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar belakang perusahaan
Saya dari perusahaan makanan BANAPE (BANANA EPE) yang bergerak dibidang kuliner yang menyajikan makanan dengan rasa yang beraneka yaitu (keju,durian,susu dan cokelat)
Saya memilih makanan ini karena buah pisang sangatlah mudah ditemukan. Dan masyarakat  indonesia yang  relatif menyukai makanan ringan, saya juga ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan kompetiter lainnya dengan variasi makanan yang berbeda.
Saya berusaha menyajikan makanan ringan yang sehat pastinya serta layak dan halal di konsumsi. Saya mengharapkan masyarakat merasakan manfaat dari menkonsumsi makanan BANAPE saya.

2.      Visi & Misi

Visi
                  Menjadikan makanan pisang menjadi lebih dikenal,digemari dan mejadi pilihan                    
                  Utama sebagai makanan ringan bagi masyarakat indonesia.
             Misi
Ø  Berorientasi kepada kepuasan konsumen / pelanggan.
Ø  Membuat aneka makanan pisang dengan rasa yang bervariasi.
Ø  Memperkenalkan kepada masyarakat bahwa buah pisang juga dapat dijadikan makanan ringan.

3.      Motto perusahaan

                 KUALITAS EROPA HARGA MERAKYAT

Ø Ringkasan
Perusahaan bernama BANAPE FOOD, merupakan produk yang  saya miliki. BANAPE FOOD adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang kuliner atau makanan ringan dan produk saya adalah makanan yang istimewa,inofatif dan tentunya lezat. Bahan utama yang saya gunakan adalah pisang kepok dan saya menciptakan inovasi baru yaitu dengan berbagai macam rasa. Rasa keju,durian,susu,coklat dan lain sebagainya.

Awalnya perusahaan ini dibentuk karena adanya peluang. Yaitu jarang sekali didaerah bekasi dengan jenis makanan yang berasal dari daerah makassar ini.dan lagi karena keluarga saya ada yang berasal dari kota makassar maka dari itu saya mempunyai rasa percaya diri untuk membentuk perusahaan ini.

Saya memiliki rasa optimis yang tinggi atas produk yang saya buat akan menghasilkan omset yang cukup tinggi dari hasil penjualan saya, karena saya yakin produk saya ini memiliki dan keunggulan dan kelezatan. Keunggulan dari produk saya adalah :

·         Hidangan cepat saji yang lezat dan bergizi
·         Harga relatif terjangkau oleh semua kalangan
·         Memiliki variasi rasa
·         Dapat diterim oleh semua kalangan.


Ø Data perusahaan

1
Nama perusahaan
Banape Food
2
Bidang Usaha
Kuliner (Makanan Ringan)
3
Jenis Produk/Jasa
Banape
4
Alamat Perusahaan
Jalan KH.Noer Ali
5
Nomer telepon
089696868001
6
Alamat Email
Alamat Twitter
Alamat Facebook
Alamat Blog
@Banapesadap
Banapesadap
Banape.blogspot.com
7
Bank Perusahaan
-
8
Bentuk Badan Hukum
-
9
Nomor Akte Pendirian
-
10
NPWP
-
11
Mulai Berdiri
09 Oktober 2013

1
Nama
Nining
2
Jabatan
COE
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi 27-Maret-1994
4
Alamat Rumah
Jln. Galaxi masnaga perambanan
5
Nomor Telepon
089696868001
6
Alamat Email
Nining200@ymail.com
7
Pendidikan Terakhir
SMA
8
Pengalaman Kerja
Wirausaha


1
Nama
Rizal saputra
2
Jabatan
General manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi, 04 juni 1993
4
Alamat Rumah
Jln. Jati bening no. 14
5
Nomor Telepon
081244546767
6
Alamat Email
Rizalsaputra @yahoo.com
7
Pendidikan Terakhir
SMA
8
Pengalaman Kerja
Wirausaha

1
Nama
Lizanisa
2
Jabatan
Production manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi, 03 april 1994
4
Alamat Rumah
Jln. Kh noer ali
5
Nomor Telepon
089101112555
6
Alamat Email
lizanisa@yahoo.com
7
Pendidikan Terakhir
SMA
8
Pengalaman Kerja
Wirausaha

1
Nama
Rizki maulana
2
Jabatan
Production manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi, 24 mei 1994
4
Alamat Rumah
Jln.pulogebang
5
Nomor Telepon
08123434656
6
Alamat Email
rizkimaulana@yahoo.co.id
7
Pendidikan Terakhir
SMA
8
Pengalaman Kerja
Wirausaha




1
Nama
Dini novi
2
Jabatan
Marketing manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi, 30 januari 1993
4
Alamat Rumah
Jln.perambanan raya
5
Nomor Telepon
085757345566
6
Alamat Email
dininovi@yahoo.com
7
Pendidikan Terakhir
SMA
8
Pengalaman Kerja
Wirausaha




















BAB ll
LANDASAN TEORI

Business plan merupakan rancangan penyelenggaraan sebuah usaha bisnis secara menyeluruh terhadap semua aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha bisnis. Melaui sebuah business plan yang mantap akan memberi jaminan yang lebih keseriusan dari pengelola bisnis yang bersangkutan. Business plan juga merupakan cara Anda untuk meyakinkan pihak investor atau pemberi dana hibah di perusahaan yang akan Anda buat.Business plan yang baik akan mengandung isian yang jelas dan mudah dipahami apa sebenarnya yang menjadi maksud tujuan, upaya-upaya, gambaran target, strategi dan sebagainya.
Biasanya pihak-pihak pemberi dana hibah akan menilai tak hanya dari aspek kejelasan saja, namun sejauh mana kebermanfaatan dari rancangan bisnis yang diupayakan. Langkah-langkah dan target seperti apa yang dipersiapkan dikemudian hari untuk mengantisipasi berbagai persoalan yang akan dihadapi perusahaan.
Sebuah business plan biasanya diperlukan saat Anda akan mengikuti sebuah kompetisi dana hibah untuk usaha bisnis. Jika Anda sedang merancang sebuah business plan untuk sebuah even kompetisi bisnis, maka yang paling penting Anda lakukan ditahap awal adalah bagaimana menyajikan sesuatu yang mudah dipahami oleh orang lain, simpel tidak bertele-tele namun tetap memuat tujuan yang hendak dicapai.






BAB lll
ANALISA PERMASALAHAN

3.  Analisa permasalahan
1.      SWOT

A.    STRENGTH (KEKUATAN)
·         Bahan bakunya mudah ditemukan
·         Memiliki rasa yang tersendiri lain dari yang lain
·         Harga terjangkau
B.     WEAKNESSES (KELEMAHAN)
·         Tidak tahan lama
·         Minimnya modal usaha
C.    OPPORTUNITIES (PELUANG)
·         Minat makanan ringan tinggi
·         Makanan ringan yang kaya akan vitamin

D.    THREATS (ANCAMAN)
·         Banyak makanan ringan dengan variasi lain
·         Ada jenis makanan yang berbahan pokok sama
·         Harga produk competitor bersaing
·         Selera konsumen variatif

2.      TOWS
                   
A.    SO
·         Memperbanyak tingkat produksi
·         Memproduksi banape dengan rasa baru
·         Tetap menjaga kualitas rasa produk
B.     WO
·         Memproduksi banape dalam skala sedang apabila ada pemesan saya akan menambahkan jumlah produksi
C.    ST
·         Memahami selera konsumen yang variatif
·         Memperkuat citra rasa produk
·         Menambah variasi baru produk
D.    WT
·         Packing yang lebih menarik
·         Manambah modal usaha
·         Mencari investor untuk bergabung

3.  Bauran Pemasaran/Analisa 4P
      1.   Product
§  Type                      :   Banana                                                                    
§  Brand                    :   BANAPE
§  Quality                  :   Tanpa Bahan Pengawet
§  Packing                 :    Menggunakan mika sebagai pengemas / sesuai request konsumen
      2.   Price
§  Price list                :   Rp.6000 - Rp.10000 (sesuai rasa)
      3.    Promotion
§  Advertising           :   menggunkan media jejaring sosial
§  Sales promtion      :   mempromosikan penjual kepada pelanggan
§  Personal selling    :   berjualan secara berkeliling langsung

      4.     Place                                                                                                                                                         
§  Berlokasi diwilayah ramai (kampus,pinggir jalan, dan sebagainya)

4.  Target Dan Segmentasi Pasar
§  Geografi
1.      Wilayah yang kita  jadikan target yaitu wilayah kalimalanga dan sekitarnya, alasan saya memilih kalimalang karena bahan-bahan membuat produk  ini sangat mudah ditemukan dikota ini.
2.      Saya melihat bahwa banyaknya peluang bisnis pada makanan siap saji, sehingga itu memicu saya dan saya memanfaatkan peluang ini.

§  Demografi
             Berdasarkan demografi,secara pasar kami tertuju pada kalangan masyarakat
              Lingkungan sekitar  masyarakat kalimalang.     

5.      Strategi Pemasaran

Ø  Perkenalan Bisnis
                  Produk  yang saya tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat,bergizi,                        
                  Dan harga yang terjangkau. Produk ini bernama “BANAPE” yaitu pisang
                  Pilihan yang sehat untuk dikonsumsi. Banape ini memunyai variasi rasa
                  Keju,durian,susu,cokelat)

Ø  Membangun jaringan usaha yang dapat mendukung bisnis
Memilih produk banape ini yang berbahan baku seperti pisang, gula merah, durian,  keju, susu, strawberry, cokelat. Oleh karena itu saya berniat bekerja sama
Dengan perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk saya demi meningkatkan produk saya.
Ø  Menyiapkan inovasi desain yang ditawarkan
Produk saya kali ini yang pertama, banape (banana epe) dengan lapisan rasa yang telah disediakan dan kedepannya saya ingin berinovasi untuk membuat banana epe dengan inovasi terbaru dan unik tentunya.
Ø  Meninggkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang saya buat.
Ø  Menyediakan pemasaran
Saya akan memasarkan poduk ini melalui jejaring sosial.

6.  Bahan Baku dan Penolong
Bahan-bahan untuk membuat banape:
·         Pisang               3 sisir                   Rp. 132.000
·         Gula merah       2kg                       Rp.   25.000
·         Durian               2kg                       Rp.   40.000
·         Keju                  3pack                    Rp.   39.000
·         Strawberry        2kg                        Rp.  15.000
·         Susu                  3kaleng                 Rp.   30.000
·         Cokelat              3batang                Rp.   27.000
·         Kacang               2kg                      Rp.    40.000

Bahan penolong :
·         Garpu                              40pcs       Rp.    60.000                     
·         Mika /tempat makanan    5pcs        Rp.    30.000
·           Isi streples                      3pcs        Rp.     6.000
7.  Modal Usaha

1.      Dengan menanamkan modal usaha sebesar Rp 600.000,-
2.      Dengan harga jual sebesar Rp 6.000 – Rp 10.000,-
3.      Total biaya BB dan BP sebesar Rp 348.000 + Rp 96.000 =  Rp. 444.000,-












BAB lV
PEMBAHASAN MASALAH

            Masalah-masalah para wirausaha /pembisnis adalah kurangnya inovatif, kurangnya pengetahuan,modal dan kualitas kerja karyawan-karyawan itu sendiri yang bisa mengakibatkan usaha yang sedang dijalankan tidak berjalan dengan apa yang diharapkan para pembisnis.
Upaya peningkatan modal dengan bekerja sama dengan investor-investor untuk memperbesar usaha. Dan upaya peningkatan kualitas produk dengan membuat terobosan-terobosan baru untuk  lebih memikat lagi para konsumen.












BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
           Demikian Makalah dari saya yang berisi tentang rencana pendirian usaha kecil-kecilan usaha ini sangat mudah dijalankan dan hasilnya sangat menjanjikan sekali,namun keberhasilan suatu usaha sangat bergantung dengan pengusahanya kejujuran dan kedisiplinan adalah kunci keberhasilan.
Jangan pernah merasa ragu untuk membangun kesuksesan, karna kesuksesan ada didepan mata kita apabila kita benar-benar ingin berusaha dan berdoa.
Semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi pembaca proposal ini, saya mengharapkan kritik dan saran dari semuanya agar usaha saya berjalan dengan lancar.
Apabila ada kesalahan dalam penulisan kata-kata mohon dimaklumi. Kesempurnaan hanya milik tuhan yang maha esa.
Terimakasih.                                


                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar