Rabu, 26 Maret 2014

pembisnis adalah orang amanah


Pebisnis Adalah Orang Amanah
Berbisnis sarat dengan muatan yang namanya trust (kepercayaan). trust hanya bisa dimiliki oleh orang yang memiliki sifat dan sikap yang amanah. Dalam ilmu ekonomi, trust (kepercayaan) ini memiliki nilai yang penting dalam sebuah entitas usaha. trust secara tidak langsung memberikan efek positif terhadap berkembangnya asset yang dinamakan intangible asset atau yang biasa dinamakan good will (nama baik). pebisnis yang kehilangan trus, maka habislah riwayatnya kalau dia tidak segera memperbaiki dirinya dengan berbagai macam perbaikan usaha.

sifat dan sikap amanah ini apabila dikupas dalam berbagai dimensi bisa bermuara pada sikap sesorang yang professional. Bagaimana tidak, orang yang amanah adalah orang yang jujur, harus pandai, harus cerdas, harus berani dan tepat dalam mengambil keputusan, cermat.dalam mengambil segala tindakan. Sikap amanahnya seorang tukang parkir adalah menjaga bagaimana agar kendaraan yang dititipkan kepadanya tetap terjaga dan tetap utuh seperti sedia kala (tidak tergores, tidak ada yang hilang) sampai barang itu diambil pemiliknya. Kalau dia tidak jujur, pastilah barang titipannya akan hilang satu persatu. kalau dia tidak berani mempertahankan barangnya dari aksi pencurian, maka lenyaplah barang titipannya itu.
lantas bagaimana dengan amanahnya orang yang sedang dititipi dana untuk usaha, misalnya mendirikan sebuah pabrik dan lain sebagainya. tentu saja pemilik dana berharap dananya tidak stagnan dan dalam jangka panjang bisa menghasilkan benefit yang menguntungkan. Amanah ini tentu lebih berat dari si tukang parkir. karena amanah ini diperlukan kecakapan untuk memanage orang, produk, sampai alur pencatatan laporan keuangan.
Hanya orang orang yang profesional saja yang bisa melakukan semua ini agar usaha tersebut bisa terus berkembang. Dengan kata lain profesionalisme adalah bagian dari sikap amanah.

Semoga kita dijauhkan dari sikap yang tidak amanah, karena salah satu ciri orang yang munafik adalah apabila dia dipercaya (mendapat amanah), dia justru berkhianat. atau dengan kata lain dia tidak menjaga amanah itu dengan baik sehingga orang yang memberi amanah diciderai kepercayaannya.

Berbisnis adalah lahan menyemai dan memupuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT. dan Sikap amanah adalah salah satu buah ketaqwaan itu.
Wallahu a’lam bishshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar