MENGENAI KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi adalah salah
satu keterampilan penting, namun kesuksesan bukan hanya tergantung pada apa
yang anda katakan, namun bagaimana anda mengatakannya.
ü Bersikaplah
profesional.
Langkah pertama untuk
bisa bersikap profesional, orang akan lebih serius menanggapi anda jika
penampilan anda baik, juga sikap tubuh jadi tataplah mata orang yang anda ajak
bicara dan juga jagalah postur tubuh.
ü Menjalin
hubungan dengan lebih pribadi.
Ingatlah nama orang
danmereka akan mengingat anda. Ingatlah bahwa melakukan berbisnis adalah
membangun hubungan.
ü Berbicara
dengan jelas dan rigkas.
Langsung keakar
permasalahan dengan segeratidak usah berputar-putar dengan kata-kata. Jangan
menganggap bahwa orang yang anda ajak bicara tahu anda dan mengapa anda
menghubungi mereka-mereka mungkin perlu diingat latar belakang permasalahannya.
ü Bersikap
tenang.
Dalam pekerjaan apapun,
situasi sulit akan muncul. Kehilangan temperamen tidak akan membantu anda,
bahkan akan memperumit keadaan. Tunjukkan bahwa anda dapat mengatasi
ktegangan,dan orang lain akan melihatnya dan memberi anda tanggung jawab yang
lebih besar dimasa yang akan datang.
ü Tetap
diam dan dengarkan.
Komunikasi adalah dua
arah. Dengarkan pendapat orang lain, jangan menyela saat orang lain berbicara,
dan jangan abaikan kritik. Kita semua pernah berbuat salah dan orang akan lebih
senang mendengarkan anda jika mereka lihat anda juga mendengarkan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar