Senin, 26 Mei 2014

Hubungan Internal, Komunikasi Organisasi, Hubungan Eksternal

HUBUNGAN INTERNAL, KOMUNIKASI ORGANISASI, HUBUNGAN EKSTERNAL

 Pengertian komunikasi organisasi Komunikasi dalam organisasi adalah suatu proses penyampaian infprmasi, ide-ide diantara para anggota organisasi secara timbal balik dalam rangkamenapai tujuan yang telah ditetapkan (Drs. Ig. Wursanto, dasar-dasar ilmu organisasi). Komunikasi dalam organisasi merupakan suatu kegiatan intern di dalam organisasi. Namun dalam prakteknya, kegiatan komunikasi dalam organisasi itu dapat melampaui batas-batas organisasi itu sendiri. Publikasi-publikasi yang sebenernya bersifat khusus dan terbatas untuk anggota organisasi sering mendapatkan perhatian publik. Masalah komukasi dalam organisasi menyangkut dua segi yaitu masalah komunikasi dan masalah rganisasi. Semua masalah timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik.

 Pengertian komunikasi (hubungan internal ) Hubungan komunikasi internal adalah bagian khusus dari PR yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan saling bermanfaat antara manajer dan karyawan tempat organisasi menggantungkan kesuksesannya. ( Cutlip, Center, dan Broom ; Effective Public Relations Edisi Kesembilan ).

Hubungan terpenting dalam organisasi adalah hubungan dengan karyawan di semua level. Istilah public internal dan karyawan mengacu pada baik itu manajer maupun orang-orang yang menjadi bawahannya. Organisasi akan kehilangan sebagian besar potensi sumber daya manusianya karena tidak mempriritaskan komunikasi dua arah yang efektif yang merupakan landasan untuk hubungan manajemen-karyawan dan kinerja pekerjaan secara keseluruhan. Hal ini juga disebut sebagai konsekuensi akibat “kemalasan dalam kerja”( Alvie Smith, dalam effective public relations; hal.225)

Pengertian komunikasi (hubungan eksternal) Komunikasi hubungan eksternal merupakan komunikasi yang dilakukan memelihara dan membina hubungan yang harmonis dengan (customer, community, government, pers)kelompok diluar organisasi ( Onong U. Effendy, 1993:150) salah satu tujuan hubungan eksternal adala untuk mengeratkan hubungan dengan orang-orang diluar badan/ instansi hingga terbentuklah opini publik yang favorable terhadap badan itu (Abdurrachman, 1995;38). Bagi suatu organisasi, hubungan baik dengan publik di luar perusahaannya merupakan suatu keharusan yang mutlak. Sesuai dengan sifatnya, dalam masyarakat modern tidak akan ada kemungkinan bagi seorang insan atau suatu badan bisa hidup menyendiri. Masing-masing akan saling membutuhkan satu sama lain. Seperti halnya suatu perusahaan, tidak akan mungkin bisa hidup kalau dia tidak bisa mendatangkan bahan baku, kemudian menyalurkan dan memasarkan hasil produksinya.

Pengertian PR Internal

“mencapai karyawan yang mempunyai kegairahan kerja adalah tujuan internal Public Relations”, kata Grisworld (Dasar-Dasar Public Relations, 1993:34).

Pernyataan diatas dapat diciptakan bila pimpinan memperhatikan kepentingan-kepentingan para pegawai baik ditinjau dari segi ekonomi atau sosial maupun psikologis. Didalam usaha-usaha untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dalam badan itu dan bagi keuntungan badan itu. Komunikasi yang bersifat dua arah (two way communication) penting sekali dan mutlak harus ada. Tugas seorang PRO adalah untuk menyelenggarakan komunikasi yang bersifat persuasif dan informatif.

 Internal Public Relations yang baik adalah yang memperlakukan tiapkaryawannya dengan sifat yang sama, tanpa membeda-bedakan tingkat pendidikan dan lain-lain tapi bertindak adil tidak memihak satu golongan , jujur dan bijaksana. Sebab tiap anggota mulai dari pimpinan sampai dengan pesuruh merupakan bagian dari keseluruhan badan atau organisasi itu.

 Eksternal Public adalah fungsi manajemen yang senantiasa mengadakan komunikasi dengan pihak-pihak diluar organisasi dalam rangka memelihara dan membina hubugan yang baik dan harmonis dengan mereka karena turun menentukan sukses tidaknya tujuan yang dicapai oleh suatu organisasi.

Salah satu tujuan Eksternal Public Relations adalah untuk mengeratkan hubungan dengan orang-orang diluar organisasi hingga terbentuklah opini public yang favorable terhadap organisasi itu.

Menurut Oemi abdurachman dalam dasar-dasar Public Relations, bagi suatu perusahaan hubungan-hubungan dengan publik diluar perusahaan merupakan suatu keharusan didalam usaha-usaha untuk :
a. Memperluas langganan
b. Memperkenalkan produksi
c. Mencari modal hubungan
d. Memperbaiki hubungan dengan serikat-serikat buruh mencegah pemogokan dan mempertahankan karyawan-karyawan yang cakap,efektif, dan produktif dalam kerjanya.
e. Memecahkan persoalan-persoalan atau kesulitan-kesulitan yang sedang dihadapi dan lain-lain. Tugas penting PR Eksternal adalah mengadakan komunikasi yang efektif, yang sifatnya informatif dan persuasif yang ditunjukan kepada publik diluar badan itu. Komunikasi yang diselenggarakan oleh PR Eksternal harus bersifat timbal balik sebab seorang pemimpin yang baik, bukan pandai memberi informasi tapi juga harus pandai menerima informasi.

Abdurrachman, Oemi. 1995 Dasar-Dasar Public Relations. Citra Aditya Bakti. Bandung, Effendy, Onong U,, 1993. Human Relations dan Public Relations. Mandar Maju. Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar