Kamis, 18 April 2013

pancasila sebagai pandangan hidup bangsa


pancasila sebagai pandangan hidup bangsa


       Pada hakikatnya pancasila mengandung dua pengertian, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dan sebagai dasar negara Republik Indonesia. dari kedua pengertian pokok ini kemudian dilahirkan atau dapat ditarik berbagai pengertian-pengertian lainnya. dari berbagai pengajaran pancasila sering disebutkan bahwa pancasila telah ada atau lahir bersamaan dengan adanya lahirnya Bangsa Indonesia.
Bahwa pancasila berasal dari jiwa dan karakter dari masyarakat Indonesia itu sendiri, sebelum adanya negara ataupun jauh sebelum ada kerajaan – kerajaan yang tada di Indonesia masyarakat Indonesia telah menunjukan ciri-ciri, tingkahlaku yang mencerminkan penjiwaan atas sila-sila pancasila, seperti adanya kepercayaan manusia terhadap kepercayaan gaib, baik berupa pemujaan terhadap roh-roh halus yang bercirikan animism-dinamisme, maupun kehidupan masyarakat Indonesia yang penuh dengan toleransi dan damai, tolong-menolong dan gotongroyong, bermusyawarah atau rembugan bagi terwujudnya kondisi kehidupan yang aman, tentram dan sejahtera dalam suasana kekeluargaan, yang di unfkapkan dalam istilah gemah ripah loh jinawi tata tenteram kerta raharja, atau yang kini pouler dengan sebutan adil dan makmur berdasarkan pancasila.
Selain pada itu dalam kitab sutasoma terdapat semboyan Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrua yang mengandung arti kehidupan agama itu kelihatannya berbeda bentuk atau sifatnya namun pada hakikatnya satu jau, yang kemudian menjadi motto lambing negara kita, yakni Bhineka Tunggal Ika.
Hal tersebut mencerminkan keluhuran budaya bangsa Indonesia pada saat itu, yang dipresepsikan dengan adanya toleransi kehidupan beragama antara anama Budha dengan Hindu.
Sehingga hal tersebutpun kini semakain berkembang dengan adanya sila pertama yaitu ketuhanan Yang Maha Esa. Begitupula dengan sila-sila yanglain yang mencerminkan karakter bangsa Indonesia. Oleh sebab itu sangat menarik untuk membahas mengenai pancasila sebagai pandangan hidup dari bangsa Indonesia, pandangan hidup tersebutpun tercermin didalam pembukaan UUD 1945.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar